Resensi Dan Rekomendasi Buku Kedokteran 4: Histologi

Histologi, mata kuliah favorit saya karena praktikumnya lihat-lihat preparat di mikroskop sambil menggambar. Tiap orang pakai 1 mikroskop, ga pake rebutan. Kuliahnya juga menarik karena lihat-lihat gambar dan diterangkan korelasi fungsionalnya. Buku-bukunya pun tidak kalah menarik karena banyak gambarnya, jadi tidak ada bosannya belajar histologi. Bisa dibilang histologi ibarat surga bagi para pembelajar modalitas visual. Agar belajar histologi bisa makin maksimal, ada beberapa buku yang direkomendasikan sebagai berikut:

  1. Textbook of Histology, oleh Leslie P. Gartner
  2. Junqueira’s Basic Histology Text & Atlas, oleh Anthony L. Mescher
  3. Histology a Text and Atlas, oleh Wojciech Pawlina
  4. diFiore Atlas of Histology, oleh Victor P. Eroschenko
  5. Color Atlas and Text of Histology, oleh Leslie P. Gartner dan James L. Hiatt

Textbook of Histology

Histologi Gartner

Buku ini biasa disebut dengan histologi Gartner. Saya dulu pakai buku ini karena sering dijadikan referensi oleh dosen dan tampilan visualnya paling baik. Dalam aspek materi buku ini bisa dibilang lengkap baik teori maupun gambar. Kalimatnya pun cukup mudah dimengerti. Sepanjang kuliah histologi tidak ada kendala dengan buku ini sebagai pegangan, lancar jaya!

Cuplikan gartner

Dimensi dan spesifikasi buku dapat dilihat di histologi Gartner amazon.com. Secara keseluruhan, saya memberi nilai kecukupan materi 95/100, kemudahan dimengerti 90/100, dan ilustrasi 95/100.

Junqueira’s Basic Histology Text & Atlas

Histologi Junqueira

Saya dulu tidak pakai buku ini bukan karena kurang bagus, tapi karena senior bilang mendingan Gartner dan saya setuju saja karena ilustrasinya juga kurang warna-warni dibandingkan Gartner. Tapi sekarang buku ini sudah lebih banyak kemajuan dalam visual dan tidak kalah dari Gartner. Nilai plus buku ini yang menurut saya bisa mengungguli Gartner adalah segi pengorganisasian materi dan alur penjelasannya yang lebih apik karena menggunakan poin-poin sehingga jelas pembagian struktur jaringan yang dibahas. Untuk kelengkapan materi saya rasa kurang lebih sama dengan Gartner.

Cuplikan Junqueira

Dimensi dan spesifikasi dapat dilihat di histologi Junqueira amazon.com. Secara keseluruhan, nilainya untuk kecukupan materi 95/100, kemudahan dimengerti 95/100, dan ilustrasi 95/100.

Histology a Text and Atlas

Histology Pawlina

Buku ini jarang terdengar di jagad mahasiswa kedokteran Indonesia, tapi populer di luar negeri sebagai buku referensi histologi. Kalau kita lihat isinya, memang tidak perlu diragukan lagi. Materinya komplit dan detil, jangankan foto jaringan, sampai gambar sel dari mikroskop elektron pun cukup banyak tersedia di buku ini. Bagi para penggemar histologi yang ingin belajar ilmu jaringan dan sel sampai lingkup terdalam, buku ini cocok sebagai pemuas dahaga.

Cuplikan histologi pawlina

Dimensi dan spesifikasi dapat dilihat di histology a text and atlas. Penilaian saya untuk buku ini: kecukupan materi 100/100, kemudahan dimengerti 85/100, dan ilustrasi 90/100.

diFiore Atlas of Histology

Atlas diFiore

Atlas ini sangat membantu sesi praktikum. Konsep layoutnya sangat memudahkan pemahaman dengan teks penjelasan di sisi kiri halaman dan gambar histologi di sisi kanan halaman. Gambarnya terdiri atas gambar jaringan yang ideal dengan ukuran cukup besar agar mudah dipahami dan juga dilengkap foto jaringan yang asli. Gambar buatan yang ideal ini menurut saya fitur juara karena sangat memudahkan untuk memahami penampakan jaringan sesungguhnya yang berukuran kecil di lensa mikroskop. Praktikum ditemani buku ini membuat pikiran lebih enteng dan wawasan lebih luas karena bisa sekalian belajar fungsi selnya.

Cuplikan diFiore

Dimensi dan spesifikasi dapat dilihat di atlas histologi diFiore amazon.com. Penilaian saya untuk atlas ini, kecukupan materi 95/100, kemudahan dimengerti 100/100, dan ilustrasi 95/100.

Color Atlas and Text of Histology

Atlas histologi Gartner

Kesan awal, buku ini luar biasa bagus visualisasinya, top notch alias terbaik di antara yang terbaik! Selain modal gambar dan warna yang terang, di halaman awal bab diberikan organisasi struktural jaringan dan juga fungsinya sebagai pengantar. Namun, menurut saya kekuatan gambar saja belum bisa mengalahkan konsep layout dan gambaran jaringan ideal dari atlas di Fiore. Masih lebih mudah memahami praktikum histologi dengan atlas diFiore daripada atlas Gartner.

Cuplikan atlas histologi Gartner

Dimensi dan spesifikasi dapat dilihat di atlas histologi Gartner amazon.com. Penilaian saya untuk atlas ini, kelengkapan materi 90/100, kemudahan dimengerti 90/100, dan ilustrasi 95/100.

Rekomendasi

Untuk buku teks saya sarankan menggunakan histologi Junqueira atau Gartner. Junqueira lebih rapi dan runut dalam pengorganisasian materi sehingga lebih mudah dipahami. Tapi kalau dosen lebih sering memakai Gartner, maka buku ini bisa jadi pilihan pertama. Sedangkan atlas yang paling baik, menurut saya atlas diFiore, penyampaiannya praktis dan ringkas, sesuai untuk jam praktikum yang tidak terlalu banyak.

Artikel terkait:

https://psikoplasma.wordpress.com/2016/07/09/resensi-dan-rekomendasi-buku-kedokteran-2-biokimia/

https://psikoplasma.wordpress.com/2016/07/08/resensi-rekomendasi-buku-praklinik-1-fisiologi/

https://psikoplasma.wordpress.com/tag/rekomendasi-buku-anatomi/

Iklan

2 komentar

  1. Anonim · · Balas

    Ulasan yang bagus! Singkat padat jelas 🙂 Thanks

    1. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: