Resensi dan Rekomendasi Buku Kedokteran 2: Biokimia

Nah ini, mata kuliah yang memerlukan daya ingat tajam untuk menguasainya. Meski berulang kali dibilang bahwa kedokteran itu jangan dihapal, tetapi dipahami, tidak bisa dipungkiri kalau untuk bisa paham kita harus hapal dulu segala zat yang terlibat. Bila zat-nya kita tidak hapal, bagaimana kita bisa menceritakan prosesnya. Apalagi kalau dalam ujian yang ditanya seputar nama-nama enzim yang berperan dan molekul apa yang berubah jadi apa, mau ga mau ya dihapal deh.

Ada banyak pilihan buku biokimia, tapi menurut saya cukup tiga terbaik ini yang saya bahas:

  1. Harper’s Illustrated Biochemistry
  2. Marks’ Basic Medical Biochemistry
  3. Atlas Berwarna dan Teks Biokimia

Harper’s Illustrated Biochemistry

Harper's biochemistry

Biokimia Harper.

Ngomongin biokimia di kedokteran, tidak bisa lepas dari biokimia Harper. Buku ini paling sering disebut-sebut dalam diskusi kelompok karena popularitasnya dan memang banyak yang punya. Ditinjau dari kelengkapan materi, rasanya memang Harper yang paling lengkap. Selain topik-topik wajib dalam buku kimia (karbohidrat, protein, lipid), Harper juga memuat topik spesial kedokteran,  seperti biokimia eritrosit, pembekuan darah, dan endokrin.

Cuplikan biokimia harper

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku biokimia Harper.

Layout yang digunakan enak dilihat dengan pengorganisasian pokok materi yang tampak jelas batasannya. Jenis dan ukuran huruf serta jarak baris antar kalimat sudah nyaman dibaca. Proporsi antara teks dan ilustrasi sudah baik, sehingga tidak melulu berisi teks panjang membosankan.

Hanya saja kekurangan Harper menurut saya adalah struktur kalimatnya yang tidak selalu mudah. Dibandingkan dengan biokimia Marks, struktur kalimat Harper kurang sederhana dan hubungan antar kalimat kadang kurang mengalir dalam penyampaiannya. Untuk pembaca dengan bahasa Inggris yang pas-pasan  perlu menyiapkan waktu lebih untuk belajar dari biokimia Harper.

Total halaman buku ini sebanyak 830 halaman (edisi ke-30, tahun, tahun 2015), dari halaman cover sampai indeks. Dimensi dan spesifikasi dapat dilihat di biokimia Harper amazon.com. Secara umum, nilai yang saya berikan untuk kecukupan materi 95/100, kemudahan dimengerti 80/100, dan ilustrasi 90/100.

Marks’ Basic Medical Biochemistry

Mark's biochemistry

Biokimia Marks.

Aplikatif dan pas untuk anak kedokteran, inilah kesan awal setelah membaca biokimia Marks. Pada bab pertama, Marks langsung menyajikan konsep umum metabolisme tubuh manusia. Suatu pengantar yang baik sebelum mulai bergelut dengan berbagai zat kimia yang terlibat di bab selanjutnya. Bahasa yang digunakan pun relatif sederhana dan mudah diikuti, sehingga kalau di kemudain hari mau mereview konsep metabolisme, maka buku Marks ini yang lebih sering dibaca ulang.

Satu tambahan lagi, Marks juga memulai bab dengan kasus rekaan yang dibawakan dengan lucu dan nama pasien yang unik. Sepanjang pembahasan materi, ada lanjutan pertanyaan dari kasus tersebut di sisi lateral halaman. Cocok untuk menguji sejauh mana pemahaman kita dengan menerapkannya pada kasus.

Cuplikan biokimia Mark

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku biokimia Marks.

Layout yang digunakan menggunakan konsep dua alur dalam satu halaman, di sisi medial alur untuk untuk teks utama dan di sisi lateral alur yang memuat ilustrasi atau rangkuman materi. Konsep layout ini memaksimalkan pengalaman belajar pembaca dalam memahami konsep yang disampaikan. Sayangnya, layout ini cukup memakan tempat sehingga ketebalan halamannya lebih banyak daripada biokimia Harper, yaitu sebanyak 1026 halaman (edisi ke-4, tahun 2013).

Dari segi ilustrasi buku ini sudah bagus dan proporsinya terhadap teks juga baik. Satu kekurangannya adalah jenis font yang menurut saya kurang enak dibaca karena terkesan tipis.

Dimensi dan spesifikasi buku dapat dilihat di Biokimia Marks amazon.com. Secara keseluruhan, nilai biokimia Marks untuk kecukupan materi 90/100, kemudahan dimengerti 90/100, dan ilustrasi 90/100.

Atlas Berwarna dan Teks Biokimia

Atlas dan teks biokimia

Ukurannya kecil dan ramping, tapi sarat ilmu. Buku ini ibaratnya sekoci penyelamat, karena biarpun kecil tapi mampu menyelamatkan kita dari ujian biokimia. Menjelang hari-H ujian dan masih banyak materi yang belum dipelajari, atlas ini dan diktat hadir sebagai juru selamat. Cukup taruh diktat dan atlas ini bersebelahan, baca bersamaan dijamin menghemat waktu belajar. Tidak perlu buka banyak halaman karena atlas ini menggabungkan kombinasi teks di halaman sinistra dan gambar di halaman dekstra. Satu topik bisa diringkas dalam dua halaman saja, sungguh luar biasa.

Cuplikan atlas biokimia

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku Atlas Berwarna dan Teks Biokimia (edisi bahasa Inggris).

Gambar dan warna dalam buku ini sangat baik, dengan kode atau legenda gambar yang selalu sama sehingga kita cepat terbiasa. Jenis huruf dan ukurannya masih terbaca dengan baik, meskipun jarak antar baris dalam paragrafnya terlihat cukup rapat.

Buku ini tersedia edisi terjemahannya yang diterbitkan oleh Hipokrates dan diterjemahkan dengan sangat baik dari bahasa Jerman ke bahasa Indonesia oleh Dr. rer. physiol. dr. Septelia Inawati Wanandi (dosen biokimia FKUI). Tidak ada kesulitan dalam memahami kalimat yang tertuang di buku ini.

Total halaman sekitar 470 lembar. Secara keseluruhan, nilai yang saya berikan untuk kecukupan materi 85/100, kemudahan dimengerti 95/100, dan ilustrasi 95/100.

Rekomendasi

Cukup sulit menentukan buku yang paling direkomendasikan untuk biokimia karena konsep bukunya yang berbeda. Menurut saya, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kesadaran diri. Jika mencari kelengkapan materi, saya sarankan biokimia Harper. Jika mencari buku yang enak dibaca dan mudah dipahami, saya sarankan biokimia Marks. Bagaimana dengan atlas berwarna dan teks biokimia? Menurut saya ini buku yang wajib punya, tapi rasanya kurang lengkap kalau tidak disertai satu buku teks, jika ada dana lebih bisa ditambah Harper atau Marks. Semoga membantu ya.

Artikel terkait:

https://psikoplasma.wordpress.com/2016/07/08/resensi-rekomendasi-buku-praklinik-1-fisiologi/

https://psikoplasma.wordpress.com/tag/rekomendasi-buku-anatomi/

https://psikoplasma.wordpress.com/2016/07/18/resensi-dan-rekomendasi-buku-kedokteran-4-histologi/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: