Resensi Dan Rekomendasi Buku Kedokteran 1: Fisiologi

Buku fisiologi yang asyik dibaca & ciamik tampilannya adalah impian semua mahasiswa kedokteran. Di antara resensi buku di bawah, mana yang paling sesuai harapan?

Mata kuliah fisiologi itu mata kuliah yang bisa dibilang membuka mata untuk anak kedokteran, setidaknya untuk anak angkatan lama seperti saya. Saya masuk FKUI tahun 2004, saat itu modulnya kurikulum integrasi horizontal. Di tahun pertama belajarnya tidak jauh beda dengan anak SMA, ada fisika, kimia, biologi, dan matematika. Bedanya materi belajar yang levelnya lebih tinggi (baca: lebih susah) dan materinya fokus ke yang nyambung secara direk dengan kedokteran. Baru di tahun kedua kita bertemu mata kuliah yang kedokteran banget, macam anatomi, fisiologi, biokimia, histologi, dan gizi klinik.

Dari semua kuliah tersebut, fisiologi atau ilmu faal (terdengar lebih klasik di telinga) yang paling menyedot perhatian. Selain karena topiknya yang mengadu pemahaman, juga karena ada saja yang nyangkut tidak lulus ujiannya. Jadi wajar sih, hubungan mahasiswa kedokteran dengan ilmu faal ini antara suka, tapi bikin jiper juga karena sewaktu-waktu bisa bikin terperosok kalau tidak serius. Agar selamat dan sukses mengarungi bahtera perkuliahan fisiologi manusia, ada beberapa buku yang bisa menjadi pegangan selama perjalanan:

  1. Human Physiology: from Cells to System, oleh Lauralee Sherwood,
  2. Ganong’s Review of Medical Physiology, oleh Kim E. Barret & Susan M. Barman,
  3. Guyton & Hall Textbook of Medical Physiology, oleh John E. Hall,
  4. Fundamentals of Human Anatomy & Physiology, oleh Frederick H. Martini dkk.

Human Physiology: from Cells to Systems

Sherwood

Fisiologi Sherwood

Buku fisiologi Sherwood ini buku pegangan yang paling ideal untuk mahasiswa kedokteran. Total halaman (dari cover sampai indeks) berjumlah 973 halaman (edisi ke-7, tahun 2010), penjelasannya cukup detil, tapi ringkas dalam penyampaiannya. Kelengkapan materinya mumpuni untuk bahan diskusi, lulus ujian, dan mengisi pundi-pundi pengetahuan untuk  bekal praktik. Nilai tambah paling besar untuk Sherwood adalah gaya bahasa percakapan yang digunakan, seolah-olah kita sedang diajari tutor. Runtutan katanya mengalir dan enak dibaca. Di halaman belakang ada study cards yang isinya rangkuman 1-2 halaman untuk setiap sistem organ, sangat memudahkan untuk mereview materi.

Cuplikan Sherwood

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku fisiologi Sherwood.

Untuk membantu pemahaman, fisiologi Sherwood banyak menyertakan gambar, tabel ringkasan, dan algoritma yang sangat mudah diikuti alur penjelasannya. Gambarnya bagus dengan pilihan warna yang tenang, tidak terlalu mencolok sehingga tidak melelahkan. Jenis huruf yang digunakan nyaman untuk dibaca dengan ukuran yang pas. Saya dulu kuliah pakai buku ini, edisi bahasa inggris. Ada juga yang terjemahannya, tapi edisinya lampau. Dengan bahasa inggris pas-pasan dibantu kamus pocket Oxford, kalimatnya masih bisa dipahami. Untuk dimensi dan spesifikasi dapat dicek di Fisiologi Sherwood amazon.com.

Secara keseluruhan, buku fisiologi Sherwood terbilang excellent dengan skor kecukupan materi 90/100, kemudahan dipahami 90/100, dan ilustrasi 90/100.

Ganong’s Review of Medical Physiology

ganong

Fisiologi Ganong

Buku fisiologi Ganong ini khas buku terbitan Lange, padat berisi, tanpa basa-basi. Total halaman (dari cover sampai index) berjumlah 727 halaman (edisi ke-23, tahun 2010). Sesuai dengan judul bukunya, “review”, materi buku ini disajikan begitu singkat dan padat, sesuai untuk pembelajar serius yang haus ilmu, tapi waktu belajar terbatas. Meski singkat dan kecil, isi materi (info) Ganong bisa lebih dalam dari Sherwood lho, jangan tertipu ukuran. Untuk menjaga ukuran tetap kecil, efek sampingnya adalah jumlah ilustrasi yang tidak semelimpah Sherwood. Bagi pembelajar pemula, keterbatasan ilustrasi ini bisa menghambat pemahaman.

Cuplikan Ganong

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku Fisiologi Ganong.

Buku-buku terbitan Lange terbaru sudah penuh warna, termasuk fisiologi Ganong. Zaman saya dulu, buku rilisan Lange masih tampil klasik dengan dua kombinasi warna saja, hitam untuk huruf dan biru untuk gambar. Penambahan warna ini membantu agar tidak cepat bosan, apalagi untuk anak kedokteran yang beban bacanya, yah, kita tahu sendiri lah. Untuk jenis huruf yang dipakai sudah nyaman dibaca, tetapi jarak antar baris terkesan cukup padat. Ukuran buku relatif kecil dan ringan dibandingkan buku fisiologi lainnya, dimensi dan spesifikasi buku dapat dilihat di Fisiologi Ganong amazon.com.

Secara keseluruhan, nilai buku fisiologi Ganong untuk kecukupan materi 95/100, kemudahan dipahami 85/100, dan ilustrasi: 80/100.

Guyton & Hall Textbook of Medical Physiology

Guyton & Hall

Fisiologi Guyton & Hall

Buku fisiologi Guyton & Hall ini termasuk yang paling beken, namanya selalu santer diperhitungkan di daftar buku yang direkomendasikan untuk dibeli. Total halamannya (dari cover sampai indeks) sebanyak 1112 halaman (edisi ke-12, tahun 2011). Dari ketebalan halamannya tidak diragukan lagi, memang kelengkapan dan kedetilan materinya melampaui buku fisiologi lain. Namun, dari segi ilustrasi masih belum mengalahkan fisiologi Sherwood. Kurangnya ilustrasi ini penting untuk dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada buku ini, apalagi untuk para pemula. Menurut saya cukup berat belajar dasar fisiologi dengan Guyton & Hall dibandingkan buku lainnya.

Cuplikan Guyton & Hall

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku fisiologi Guyton & Hall.

Jenis dan ukuran huruf yang digunakan nyaman dibaca, jarak antarbaris juga baik. Hanya saja terlalu banyak paragraf dibanding ilustrasi sehingga kurang menarik minat belajar. Kesan dari buku Guyton & Hall adalah begitu banyak tulisan dibanding ilustrasi. Menurut saya, dari segi proporsi teks dan ilustrasi masih lebih baik Ganong dibandingkan Guyton & Hall.  Hal ini menjadi poin minus karena dengan ketebalan yang dimiliki, pembaca berharap ilustrasi yang dimuat juga relatif banyak.

Dimensi dan spesifikasi dapat dilihat di Fisiologi Guyton & Hall amazon.com. Secara keseluruhan, saya memberi nilai buku fisiologi Guyton & Hall sebagai berikut; kecukupan materi: 95/100, kemudahan dipahami: 80/100, dan ilustrasi: 80/100.

Fundamentals of Human Anatomy & Physiology

Martini

Anatomi & Fisiologi Martini

Sesuai judulnya, buku ini menggabungkan anatomi dan fisiologi, bahkan ada histologinya juga, jadi kalau belajar langsung komprehensif dari struktur sampai fungsi. Buku ini lebih tebal dari buku fisiologi lainnya, dengan total halaman (dari cover sampai indeks) sebanyak 1282 halaman (edisi ke-10, tahun 2015). Namun, untuk materi fisiologi tidak sedalam buku lain karena berbagi dengan anatomi. Jadinya kurang pas kalau mau belajar fisologi secara mendalam dengan satu buku ini.

Cuplikan Martini

Cuplikan teks dan ilustrasi dari buku anatomi dan fisiologi Martini.

Kehebatan buku anatomi dan fisiologi Martini ini adalah tampilan layout-nya yang mewah dan memukau. Menurut saya buku ini punya ilustrasi terbaik dibandingkan buku lainnya, dengan fitur yang paling fenomenal dan menjadi daya tarik adalah adanya halaman spotlight. Halaman spotlight memuat ilustrasi suatu proses fisiologi dalam 1-2 halaman bersebelahan, besar seperti poster. Kualitas ilustrasi halaman spotlight tidak terkalahkan oleh buku lain, sangat keren kalau diprint dan dijadikan poster atau ditaruh di meja belajar. Untuk keterbacaan, jenis font, spasi antar baris, dan warna-warni huruf sangat baik. Dimensi dan spesifikasi buku dapat dilihat di Fisiologi Martini amazon.com.

Secara keseluruhan, saya memberi nilai buku anatomi dan fisiologi Martini sebagai berikut; kecukupan materi (fisiologi): 75/100, kemudahan dipahami 90/100, dan ilustrasi 95/100.

Rekomendasi

Saya merekomendasikan buku fisiologi Sherwood sebagai buku bacaan sehari-hari. Materinya dalam takaran yang pas, tidak memberatkan, dan setelah lulus pun tetap relevan dibaca. Saya garis bawahi tidak memberatkan karena kita juga harus belajar materi lain yang tidak kalah menantang dari fisiologi, seperti anatomi dan biokimia yang hapalannya berjibun. Jangan sampai energi tercurah habis belajar fisiologi, sementara mata kuliah lain belum selesai. Bila ada topik yang dirasa kurang di Sherwood, bisa mencari bagian yang kurang di buku fisiologi Ganong atau Guyton & Hall di perpustakaan atau dalam bentuk e-book.

Artikel terkait:

https://psikoplasma.wordpress.com/2016/07/09/resensi-dan-rekomendasi-buku-kedokteran-2-biokimia/

https://psikoplasma.wordpress.com/tag/rekomendasi-buku-anatomi/

https://psikoplasma.wordpress.com/2016/07/18/resensi-dan-rekomendasi-buku-kedokteran-4-histologi/

 

Iklan

2 komentar

  1. Eka Gunadi · · Balas

    makasih kak infonyaa

    1. you’re welcome!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: